SMA Negeri 3 Ciamis Siaga Ransomware

Sejak tanggal 14 Mei 2017 kemarin, dunia maya dihebohkan dengan Serangan RansomwareRansomware merupakan sejenis malware yang menyerang komputer korban dengan mengenkripsi semua file yang ada sehingga tidak bisa diakses kembali. Ransomware ini disebut Wannacry. Wannacry Ransomware mengincar PC berbasis Windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi Server Message Block (SMB) yang dijalankan di komputer tersebut.

Target dari Serangan Ransomware ini adalah merusak dan atau menyandra file (enkripsi) yang kemudian meminta tebusan apabila file ingin bisa diakses kembali. 

Hal ini tentunya membuat khawatir masyarakat, termasuk Indonesia termasuk dunia pendidikan dan termasuk SMA Negeri 3 Ciamis. Bagaimana tidak, bisa dibayangkan kalau data-data penting sekolah tiba-tiba LUDES. Dan yang lebih ekstrim lagi, kita khawatir data DAPODIK.

Sebagai antisipasi, SMA Negeri 3 Ciamis sejak malam tadi seizin kepala sekolah H. Dede Hidayat, S.Pd., M.M.Pd. semua server diremote dan dimatikan. Termasuk koneksi internet untuk sementara waktu off, sambil melakukan backup data-data penting ke dalam media penyimpanan eksternal (HDD Eksternal).

Untuk menghindari Serangan Ransomware, ada beberapa tips yang mudah-mudahan bisa membantu :

  • Gunakan Sistem Operasi Close Source (Windows) Asli
  • Gunakan Sistem Operasi Open Source (Linux)
  • Selalu update Anti Virus
  • Jangan sembarangan download
  • Hindari klik link tidak karuan
  • Lakukan backup terhadap file-file penting

Alhamdulillaah… mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

no images were found